Breaking News
Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025 | Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama | Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara | Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat | Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru | Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis Sabtu, 20 Juli 2024

 
Diskes Inhil Gelaar Pertemuan Surveileans Kualitas Air Minum Tingkat Rumah Tangga
Senin, 24-06-2024 - 20:47:34 WIB

INDRAGIRI HILIR, RIAUTRUST.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pertemuan tatalaksana penyelenggaraan surveileans kualitas air minum ditingkat rumah tangga dan inspeksi kesehatan lingkungan tempat fasilitas umum, tempat pengelolaan pangan, sarana air minum dan Fasyankes di Kabupaten Indragiri Hilir, Senin 24 Juni 2024.

Bertempat di aula Hotel Harmona Inn, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir pertemuan tatalaksana tersebut ini diikuti sebanyak 30 peserta dari masing-masing perwakilan puskesmas se-Kabupaten Indragiri Hilir dengan menghadirikan 2 narasumber.

"jumlah peserta sebanyak 30 orang dari perwakilan masing-masing puskesmas se Kabupaten Indragiri Hilir, terutama pemegang program kesehatan lingkungan," jelas Ketua panitia Leni Rosita.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesetanan kabupaten Indragiri Hilir dalam sambutannya sekaligus membuka kegitan tersebut mengatakan surveilens kualitas air minum tangga bertujuan untuk mengetahui tingkat resiko pencemaran lingkungan dan bertujuan melihat kualitas air secara fisik, kimia, biologi serta mengetahui prilaku pengelolaan air minum  rumah tangga.

"Kegiatan ini biasanya diawali dengan observasi,  dilanjutkan dengan wawancara inspeksi kesetanan lingkungan dan pengambilan sampel dilokasi yang sudah ditentukan," jelas Rahmi Indrasuri.

Lanjutnya, Surveilens ini merupakan betuk pengawas secara internal yang dilakukan oleh pengelola, penyelenggara dan penangunjawab tempat fasilitas umum. Sementara secara internal dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten.

Dengan begitu, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dengan peran aktif masyarakat dan mencegah timbulnya berbagi penyebab penyakit.(Galeri Foto).

(Zul)