Breaking News
Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025 | Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama | Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara | Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat | Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru | Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis Sabtu, 20 Juli 2024

 
Jelang Pilkada Dumai 2024
Sejumlah Tokoh Berebut Posisi Pendamping Sang Petahana
Selasa, 18-06-2024 - 15:10:27 WIB

DUMAI - Siapa sosok yang akan digandeng Sang Petahana Wali Kota Dumai H. Pasal, SKM, Mars pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Dumai  masih menjadi tanda tanya.

Sejumlah nama memang sudah mencuat ke permukaan. Namun, itu semua masih menjadi teka teki. Belum terlihat respon Sang Petahana. Belum pula ada sikap Partai NasDem tentang sosok bakal calon wakil wali kota, meskipun sudah menetapkan Sang Petahana menjadi bakal calon wali kota yang akan diusung.

Partai NasDem Dumai sendiri  sudah melakukan penjaringan Bakal Calon Wakil Wali Kota Dumai beberapa waktu lalu. Mereka yang ikut mendaftar sebagai balon wakil diantaranya nama dari luar partai adalah Ketua Partai Demokrat Dumai Prapto Sucahyo dan Viencent Moerghasini Yusuf, sosok generasi muda Dumai. Yang lainnya terdapat nama-nama dari kalangan internal  partai.

Langkah Prapto Sucahyo terhadang manuver Eddy Yatim,  rekan satu partai, yang memproklamirkan diri ikut maju di Pilkada Dumai sebagai Bakal Calon Wali Kota. Tidak hanya berusaha mendapat dukungan partai sendiri, Partai Demokrat, tapi Eddy Yatim juga ikut mendaftar dalam penjaringan balon kepala daerah yang dilakukan Parpol lainnya. Salah satunya ikut mendaftar di PPP Dumai melalui DPW PPP Riau.


Sementara dari Partai Politik muncul nama Ketua Partai Gerindra Dumai Johannes Tatalepta dan Ketua PAN Dumai Hasrizal. Meskipun dua nama ini  tidak ada pernyataan ingin maju dan tidak ikut mendaftar dalam penjaringan yang dilakukan parpol-parpol, tapi pengurus dan kader partainya berharap sang ketua bisa menjadi bakal calon wakil berkoalisi dengan NasDem.

Selain itu, juga muncul nama-nama yang digadang-gadangkan  kelompok masyarakat tertentu. Nama-nama ini bakal disodorkan ke Sang Petahana. Mereka itu kini sedang mengejar elektabilitas dan popularitas. Bahkan,  secara diam-diam  juga sedang melakukan lobi-lobi ke Partai Politik, dengan harapan dapat diusung menjadi orang nomor dua berkoalisi dengan Partai NasDem.

Beberapa nama yang lagi hangat dibicarakan adalah seperti sosok Sekda Dumai H. Indra Gunawan, S. IP,  M.SI, Mantan Kadisduk Capil Dumai Suardi, Kadis Kesehatan dr. Syaiful, Direktur Utama RSUD Dumai drg. Ridhonaldi, MKM, dan dari tokoh Jawa muncul nama Sugiyarto.


Untuk membuktikan tekadnya, Sugiyarto mendaftar ikut penjaringan Bakal Calon Wakil Wali Kota Dumai ke PAN Dumai. Tokoh lainnya melakukan gerakan senyap untuk mendapatkan dukungan partai. Perkembangan terakhir, DPP PAN  memang sudah memberikan rekomendasi dukungan kepada Sang Petahana Paisal dan Sugiyarto.

Menanggapi hal itu, Tokoh Masyarakat Dumai Said Makmur  mengatakan orang-orang partai tidak cocok untuk menjadi wakil Paisal. Sebab, kebanyakan orang partai itu sifatnya teking dan sok-sok-an. Hal itu jelas tidak akan bisa berjalan seiring dalam memimpin Dumai ke depan.

"Jika orang teking digandeng Paisal, maka belum apa-apa sudah pecah kongsi. Saya ragu,  justru bisa bertikai di depan umum. Sebagai mana yang terjadi di daerah tetangga Dumai, " ujarnya.


Menurutnya, sosok yang dipantau bagus untuk mendampingi Paisal adalah dari kalangan pejabat Dumai sendiri, yang selama ini telah terbukti mampu memahami karakter Paisal. Dari sekian banyak pejabat daerah ini, dua nama lebih menonjol memiliki peluang besar. Mereka adalah Indra Gunawan dan Dokter Ridho.

Kedua pejabat itu  sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, keduanya bisa pula dipasangkan tiga serangkai dengan Paisal. Dimana Dokter Ridho lebih baik digandeng untuk menjadi wakil, karena dia bisa diandalkan Paisal dalam banyak hal.

"Dokter Ridho selama ini mampu mensuport Paisal dalam banyak hal. Sementara Indra Gunawan dapat diandalkan Paisal pula untuk menjadi tangan kanannya, tetap mengemban jabatan sekda."

Sementara itu, Sekretaris Forum Pembauran Kebangsaan - Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai (FPK-LKKMD) Zainal Arif mengatakan siapa pun sosok yang muncul saat ini untuk menjadi bakal calon wali kota atau bakal calon wakil wali kota adalah orang-orang yang memiliki hati yang baik. Sebab, sudah punya kemauan untuk berfikir dalam memajukan Dumai.

Namun, sebagai pengurus FPK-LKKMD, Zainal Arif berharap sosok yang berniat maju menjadi kepala daerah jangan terdorong oleh faktor kesukuan. Namun, harus lebih menonjolkan sikap nasionalisme. Sebab, Kota Dumai ini dihuni oleh penduduk yang heterogen, yaitu terdiri dari lebih kurang 20 suku/paguyuban. Dimana setiap orang yang potensial punya hak dan peluang yang sama  

Mengenai bakal siapa sosok pendamping Paisal, dia menegaskan bahwa hal itu tentunya hak mutlak Paisal, yang didukung kebijakan partai pengusung. Meski demikian, Zainal Arif mengingatkan Sang Petahana tidak terjebak faktor kesukuan dalam memilih bakal calon yang akan digandeng.

"Jika itu terjadi, bisa jadi bakal merugikan Paisal. Sebab, masyarakat Dumai terdiri dari banyak suku. Saya sendiri paling tidak setuju kalau harus berdasarkan suku-suku tertentu yang bisa menjadi pendamping Pak Paisal ini, " ujarnya.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Dumai Abdul Gafar ketika dikonfirmasi mengatakan Partai NasDem membuka diri untuk berkoalisi dengan partai manapun. Namun, saat ini pihaknya sedang menunggu arahan dari DPP.

Soal bakal calon wakil yang akan digandeng Ketua Partai NasDem Dumai Paisal, pihaknya juga masih menunggu kebijakan DPP. Sebelumnya, mamang Partai NasDem Dumai sudah melakukan penjaringan bakal calon,  hasilnya telah dikirim  ke DPP.

"Saat ini belum ada kesepakan koalisi dan belum ada ketetapan bakal calon wakil yang akan digandeng Pak Paisal. Memang betul ada rekomendasi dukungan DPP PAN untuk Pak Paisal, tapi belum ada kebijakan dan kesepakatan bersama kedua partai dalam berkoalisi, " ucap Abdul Gafar. [yus]




 
Berita Lainnya :
  • Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
  • Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
  • Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
  • Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
  • Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
    #2 Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
    #3 Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
    #4 Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
    #5 Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
    #6 Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis
    #7 Hapus Penjurusan di SMA, Ini Alasan Kemendikbud
    #8 71,4 Persen Orang Indonesia Merokok, Jadi yang Terbanyak Sedunia!
    #9 Tol Pekanbaru-Rengat Terus Digesa, Pembebasan Lahan Ditargetkan Rampung Tahun Ini
    #10 Mantap, Enam Elemen Smart City di Siak Terpenuhi
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved