Breaking News
Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025 | Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama | Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara | Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat | Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru | Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis Sabtu, 20 Juli 2024

 
Puluhan Ribu Umat Muslim Tumpah Ruah Ikuti Tabligh Akbar Bersama UAS di Masjid Raya Annur Riau
Sabtu, 11-11-2023 - 05:37:44 WIB

PEKANBARU - Tabligh akbar bersama Ustad Abdul Somad (UAS) di halaman Masjid Raya Annur Provinsi Riau dipadati puluhan ribu umat muslim, pada Jumat (10/11/2023) malam. Kajian ini mengusung tema "Penggalangan Dana dari Bumi Melayu Riau untuk Palestina".

Tabligh akbar ini dijadwalkan setelah waktu  shalat Isya. Namun, dari pantauan Media Center Riau di lokasi, pada pukul 17.43 WIB, puluhan ribu jamaah sudah berdatangan memadati halaman Masjid Raya Annur, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Riau.

Beberapa jemaah terlihat membawa atribut Palestina seperti syal dan bendera. Bendera-bendera itu terlihat berkibar usai melaksanaka shalat maghrib. Para jemaah serentak bersorak "Bebaskan Palestina".

Plt Gubernur Riau, Brigjen TNI (purn), Edy Natar Nasution yang hadir pada tabligh akbar malam itu, sampaikan pesan dengan semangat menggebu. Edy Nasution katakan, berkumpulnya umat muslim malam ini atas dasar tujuan yang sama yakni atas keprihatinan melihat kondisi rakyat Palestina.

"Kita semua tahu perkembangannya, ada berapa banyak saudara kita di Palestina yang sudah menjadi korban kematian, bahkan jumlahnya ribuan. Oleh karena itu malam ini kita sama-sama tergerak berkumpul dengan satu niatan melakukan upaya yang bisa kita lajukan bersama," ujarnya.

Kemudian, Edy Nasution menjelaskan surah As-Saff ayat 10-11. Allah katakan "Wahai orang beriman maukah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab pedih. Maka berimanlah pada Allah dan rasullnya berjihad denga jiwa dan hartamu, itulah yang lebih baik jika kamu mengetahuinya'''.

"Hal ini disampaikan, bahwa Allah menawarkan pada orang beriman bahwa tawaran ini diberi kepada orang yang beriman, bahwa tawaran itu adalah berniaga di jalan Allah. Saudara kita berjihad dengan jiwanya di sana, maka kita berjihad dengan harta kita di sini," tegasnya.

Lalu, Mantan Danrem 031/WB itu sampaikan, bahwa kesehatan yang diberikan hendaknya dijadikan momentum untuk merenung kepada Allah, bahwa di belahan bumi lainnya ada orang-orang yang diangkat nikmat sehat itu dari dirinya. Bahkan, lanjutnya, di bumi Palestina, setiap malam mereka dihadapkan dengan ketakutan dan kegelisahan atas kondisi yang terjadi.

Maka, tutur Edy Nasution, nikmat itu hendaknya dibalas dengan mengerjakan perintah Allah sebagai bentuk rasa syukur seorang hamba. "Bagaimana mungkin kita mengatakan setiak kepada sang pencipta namun kita tidak mengindahkan perintanya," terangnya.

Oleh karena itu, Edy Nasution mengajak para jemaah untuk menginfakkan hartanya dengan jumlah terbaik yang bisa diberi. "Maka kita himpun dana sebanyak mungkin, kita gunakan infaq terbaik kita karena ini adalah kesempatan yang Allah berikan kepada kita," sebutnya.

"Kita sedang berniaga kepada Allah, dan berniaga pada Allah tidak akan pernah ada ruginya," ucap Edy diikuti tepuk tangan dari para jemaah yang ikut tersulut semangatnya.

Pada kesempatan itu, Ustad Abdul Somad (UAS) sampaikan, tidak perlu menjadi umat muslim untuk peduli atas apa yang terjadi di Palestina pada hari ini. Tapi, sebutnya, cukup hanya menjadi manusia rasa peduli itu pasti muncul.

"Kita lihat anak-anak kecil mati terbunuh. rumah sakit, sekolah, dan bangunan lainnya hancur lebur. Maka cukup hanya menjadi manusia, hati kita pasti terenyuh dan terbangun untuk peduli kepada saudara kita di sana," ucapnya.

"Maka perkumpulan kita malam ini pun dapat menjadi saksi nantinya, saat kita ditanya diakhirat, saat Israel menyerang Palestina apa yang telah kita lakukan?, malam ini dapat menjadi sakasi untuk menjawab pertanyaan itu nantinya," imbuhnya.

Di akhir ceramahnya UAS berpesan, untuk menjaga shalat 5 waktu dan menanamkan cinta kepada Palestina. "Malam ini balikan kembali kesadaran kita, kembali shalat berjemaah, tanamkan pendidikan kepada anak dan keluarga, tanamkan kecintaan kepada Palestina. Mudah-mudahan langkah ini menjadi bekal kita menghadap Allah SWT," tandasnya. (MC-Riau)





 
Berita Lainnya :
  • Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
  • Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
  • Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
  • Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
  • Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
    Berita Terkini Indeks
    #1 Gaji ASN Bakal Naik Lagi Tahun 2025
    #2 Sukses Pelaksanaan Haji Provinsi Riau adalah Wujud Komitmen Bersama
    #3 Superior, Pemilik Sabu Ratusan Gram Tak Berkutik Saat Diciduk Personil Polsek Tambusai Utara
    #4 Rasidah, Buat Program Kerja PKK Yang Menyentuh Masyarakat
    #5 Wabup Siak hadiri Peringatan Harganas di Pekanbaru
    #6 Siswa SMA Usia 17 Tahun di Siak Bisa Bikin KTP Elektronik Gratis
    #7 Hapus Penjurusan di SMA, Ini Alasan Kemendikbud
    #8 71,4 Persen Orang Indonesia Merokok, Jadi yang Terbanyak Sedunia!
    #9 Tol Pekanbaru-Rengat Terus Digesa, Pembebasan Lahan Ditargetkan Rampung Tahun Ini
    #10 Mantap, Enam Elemen Smart City di Siak Terpenuhi
     

    Riautrust.com adalah media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Selengkapnya

    free html hit counter
     
    Quick Links
     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     
    Kanal
     
    + Riau Region
    + Politik
    + Ekbis
    + Metropolitan
    + Peristiwa
    + Nasional
    + Sport
    + SainsTech
    + Showbiz
    + Mozaik
    + Lifestyle
    + Internasional
    + Indeks
     
     

    Alamat Redaksi/Pemasangan iklan:

     
    Komplek Beringin Indah
    Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau
    (0761)63515 - 0812-76-47104

    iklan_riautrust@yahoo.com
    redaksi_riautrust@yahoo.com
    www.riautrust.com
     
    Copyright © 2023 riautrust.com, all rights reserved