Home
Info dari Mbak Titi PHK2I: 51 Ribu PPPK Siapkan Demo Besar-besaran | Fitur Suzuki XL7 Ini Enggak Ada di Kompetitor | Anak Bupati Rohil Jadi Tersangka Dugaan Penganiayaan Warga Rumbai, Dua Rekan DPO | Tinggal Tunggu Waktu, 10 Asteroid Berikut Diprediksi Akan Hantam Bumi Tahun Ini | HWK Sumbar Akan Tampil pada Event Mahakarya Randai We’e Sipono di Jakarta | Ingat! Begini Cara Membedakan Pilek Biasa, Influenza dan Virus Corona, Ini Ciri-cirinya
Senin, 17 Februari 2020
/ Lifestyle / 15:07:17 / Jangan Bingung, Ini 9 Susunan Acara Lamaran Pernikahan /
Jangan Bingung, Ini 9 Susunan Acara Lamaran Pernikahan
Jumat, 08 November 2019 - 15:07:17 WIB

RIAUTRUST.COM - Jika Anda saat ini dalam waktu dekat akan melakukan prosesi lamaran. Anda perlu menyimak 9 susunan untuk acara lamaran pernikahan versi Cermati.com berikut ini:

Pernikahan merupakan salah satu momen Bahagia yang sangat dinantikan bagi calon pengantin ataupun bagi keluarga dari masing-masing calon mempelai. Tetapi sebelum pernikahan berlangsung ada satu hal yang wajib dan tidak boleh terlewatkan yaitu lamaran.

Sudah menjadi budaya yang mendarah daging bagi seluruh masyarakat di mana pun sebelum upacara pernikahan dilakukan agenda lamaran terlebih dahulu untuk mendapatkan kesepakatan atas pernikahan tersebut.

Tidak lucu juga kan tiba-tiba ada yang menikah tanpa ada lamaran terlebih dahulu. Karena di sini lamaran bisa diartikan sebagai proses meminang dari pihak laki-laki dan proses mendapatkan jawaban dari pihak yang dilamar yaitu pihak perempuan.

Jadi lamaran merupakan agenda wajib sebelum dilangsungkannya upacara pernikahan. Selain itu fungsi lamaran adalah sebagai peresmian dari pihak laki-laki melamar atau meminang pihak perempuan. Prosesi lamaran juga bertujuan untuk mempertemukan kedua keluarga baik dari pihak laki-laki dan perempuan dan ajang silaturahmi.

Jika Anda saat ini dalam waktu dekat akan melakukan prosesi lamaran dan bingung memikirkan susunan acaranya seperti apa maka Anda perlu menyimak 9 susunan untuk acara lamaran pernikahan versi Cermati.com berikut ini:

1. Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Laki-laki

Untuk serangkaian prosesi lamaran yang pertama kali harus dilakukan adalah keluarga serta calon mempelai laki-laki datang ke rumah calon mempelai perempuan. Calon mempelai laki-laki datang beserta keluarga besar dan biasanya didampingi rombongan seperti tetangga dan kerabat membawa seserahan untuk melamar calon mempelai perempuan.

Dari pihak keluarga mempelai perempuan akan menyambut dengan hangat kedatangan rombongan dari calon mempelai laki-laki. Setelah itu rombongan dari calon mempelai laki-laki akan dipersilahkan masuk ke tempat dimana acara lamaran akan berlangsung.

2. Pembukaan Lamaran

Acara pembukaan lamaran ini biasanya akan dipimpin oleh MC. Untuk MC biasanya dipilih dari keluarga calon mempelai perempuan atau siapa saja yang ditunjuk oleh keluarga calon mempelai perempuan.

MC pertama-tama akan menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki dengan mengucapkan selamat datang. Selayaknya MC pada umumnya yang selanjutnya dilakukan setelah menyambut kedatangan rombongan calon mempelai laki-laki adalah membacakan susunan acara.

Setelah itu MC akan menanyakan maksud dan tujuan dari rombongan calon mempelai laki-laki dan mempersilahkannya untuk menjawab.

3. Penyampaian Maksud dan Tujuan Kedatangan Rombongan

Penyampaian maksud dan tujuan atas kedatangan rombongan keluarga dari calon mempelai laki-laki ini bisa dikatakan sebagai inti dari acara lamaran. Salah satu perwakilan dari keluarga calon mempelai laki-laki akan menyampaikan lamarannya kepada pihak calon mempelai perempuan. Setelah itu akan langsung menanyakan kesediaan dari keluarga calon mempelai perempuan untuk menikahkan putra putrinya.

4. Pemberian Jawaban dari Calon Mempelai Perempuan

Pada sesi ini MC akan mempersilahkan perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan memberikan jawaban atas lamaran dari calon mempelai laki-laki. Perwakilan dari pihak calon mempelai perempuan akan menyambut baik lamaran dari calon mempelai laki-laki.

5. Penyerahan Seserahan

Setelah lamaran dari calon mempelai laki-laki resmi diterima oleh calon mempelai perempuan maka agenda selanjutnya adalah penyerahan seserahan kepada keluarga calon mempelai perempuan. Seserahan juga bisa diartikan secara simbolis seperti menyimbolkan tentang keseriusan dari pihak pelamar.

 
6. Bertukar cincin

Acara tukar cincin biasanya hanya sebagai simbolis dan tidak wajib untuk dilakukan pada tahapan tahapan lamaran.  Kalau pun ada prosesinya biasanya dilakukan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Dilanjutkan dengan pemasangan cincin oleh ibu dari calon mempelai perempuan kepada calon mempelai laki-laki.

7. Perkenalan Antar Keluarga dari Calon Mempelai

Untuk sesi yang satu ini bisa dianggap sebagai sesi santai seperti agenda ramah tamah antar keluarga. Masing-masing keluarga calon mempelai memperkenalkan diri satu per satu untuk menambah keakraban antar keluarga. Maksud dari sesi ini pun juga untuk mempererat hubungan dan keakraban antar keluarga dengan perkenalan dan berbincang-bincang.

8. Penutupan

Selayaknya agenda agenda pada umumnya sesi penutupan ini merupakan ujung dari acara lamaran yang dilakukan oleh calon mempelai laki-laki. Pada sesi ini dilakukan penutupan acara serta pembacaan doa untuk kelancaran pernikahan yang akan berlangsung.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pihak calon mempelai perempuan akan mempersilahkan rombongan dan keluarga dari calon mempelai laki-laki untuk makan bersama.

9. Balasan dari Pihak Mempelai Perempuan

Setelah semua sesi selesai dilakukan mulai dari pembukaan sampai penutupan maka sesi yang terakhir dilakukan adalah keluarga dari calon mempelai perempuan akan memberi balasan seserahan kepada keluarga calon mempelai laki-laki. Proses lamaran pun bisa dikatakan selesai dengan terlaksananya semua sesi.


Segera Atur Jadwal Lamaran Anda

Setelah Anda membaca salah satu contoh susunan acara lamaran tersebut maka yang perlu Anda siapkan selanjutnya adalah jadwal yang bisa Anda diskusikan dengan kedua keluarga. Anda juga bisa mengemas sendiri bagaimana susunan acara lamaran yang tepat untuk Anda dan keluarga berdasarkan kebutuhan. [Republika]

   
 
Efektif Turunkan Berat Badan, Ini Cara Tepat Konsumsi Buah
Jumat, 14 Februari 2020 - 14:00

Beragam Sejarah di Balik Perayaan Valentine Ternyata Menyedihkan
Jumat, 14 Februari 2020 - 13:52

Tim Jumat Barokah Polsek Kelayang Beri Bantuan ke Warga Kurang Mampu
Jumat, 14 Februari 2020 - 13:37

Soroti Kecelakaan Kerja Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, Menaker: Perusahaan Wajib Terapkan K3
Jumat, 14 Februari 2020 - 13:30

Gubri Sebut Pertumbuhan Ekonomi Riau 2019 Naik, tapi Rendah Dibanding Nasional
Jumat, 14 Februari 2020 - 13:28

Komisi III DPRD Pelalawan Kunker ke Kemenkominfo RI, Ini Tujuannya
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:20

Ketum PSSI Sebut Rumput Stadion Utama Riau Tak Standar FIFA
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:16

Tiga Hotspot Terpantau di Riau Pagi Ini, Potensi Huja Masih Terjadi
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:12

Komisi V DPR RI Tinjau Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:04

Pemkab Kampar Berharap Perhatian Pemerintah Pusat Terhadap Infrastruktur
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:57

Ekspose di Forum Konsultasi Publik,
Bupati Alfedri Sampaikan Tiga Poin Penting Terkait Capaian Pembangunan
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:48

2020 Ini Pemkab Siak Dapat Bantuan Sektor Penunjang Usaha Mikro dan UKM
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:38

Buapati Inhu Akan Lantik Kades Terpilih Secara Serentak
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:31

HIPMI Siap Menggandeng Pengusaha Australia untuk Dorong Perekonomian Indonesia
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:26

Investor Milenial Riau tumbuh 1.880 pada tahun 2019
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:16

Gubernur Riau minta dukungan pengusaha untuk terpilih di Piala Dunia U20
Jumat, 14 Februari 2020 - 09:08

Kecamatan Rupat Utara Terima Alokasi Dana Rp73 Miliar
Jumat, 14 Februari 2020 - 08:59

Usai Tinjau Stadion Utama, Ini Catatan PSSI yang Harus Diperbaiki Pemprov Riau
Kamis, 13 Februari 2020 - 14:34

Legislator Tunggu Ketegasan Gubernur Soal Aryaduta
Kamis, 13 Februari 2020 - 14:16

Pola Penularan Virus Corona COVID-19, Bisakah Lewat Hubungan Seks?
Kamis, 13 Februari 2020 - 14:14

Detik-detik Orang Utan Borneo Selamatkan Pria di Sungai Penuh Ular
Kamis, 13 Februari 2020 - 14:10

Penurunan Kinerja Ekspor Picu Penurunan Harga TBS Kelapa Sawit
Kamis, 13 Februari 2020 - 13:56

3 Siswa Penyiksa Siswi SMP Purworejo Jadi Tersangka, Polisi Periksa 5 Saksi
Kamis, 13 Februari 2020 - 13:53

Bupati Kampar Serahkan langsung Bantuan Korban Kebakaran Rumah
Kamis, 13 Februari 2020 - 13:42

 
 
Home

 
Sorot | Wawancara | Pokok Pikiran | Surat Anda
Klik Photo
| Iklan Baris | Index

Redaksi | Info Iklan | Disclaimer | Kotak Pos | Pedoman Media Siber

Copyright © 2011-2016 RiauTrust.com - Trusted News Portal
 
Alamat Redaksi & Pemasangan iklan :
 
Komplek Beringin Indah
Jalan Kulim No. 121, Pekanbaru, Riau  
  Telp/ Fax  : (0761) 63515
Mobile  : 0812-76-47104 ( Ali Sukri )  
Email : iklan_riautrust@yahoo.com
redaksi_riautrust@yahoo.com